Jumat, 06 Juli 2018

Laporan perkembangan ke-1 Penelitian Pendidikan


LAPORAN PERKEMBANGAN KE-1 TUGAS AKHIR
PERKULIAHAN KE-12
NAMA : RINA ANGGRAINI
NIM : E1B015042
NO.HP : 082339930208

BAB I
PENDAHULUAN
KEADAAN YANG SEBENARNYA
A.    Pendidikan Karakter
1.      Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasiona pada Bab I Pasal: 1 ayat (1)  usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
2.      pendidikan karakter menurut kurikulum K13
Kebijakan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai pendidikan karakter dalam Kurikulum 2013 Pendidikan karakter bukan hanya penting, tetapi mutlak dilakukan oleh setiap bangsa jika ingin menjadi bangsa yang beradab. Banyak fakta membuktikan bahwa bangsa-bangsa yang maju bukan disebabkan bangsa tersebut memiliki sumber daya alam yang berlimpah, melainkan bangsa yang memiliki karakter unggul seperti kejujuran, kerja keras, tanggung jawab dan lainnya.
3.      Pada kenyataanya Fenomena merosotnya karakter bangsa di tanah air dapat disebabkan lemahnya pendidikan karakter dalam meneruskan nilai-nilai kebangsaan. Karakter bangsa yang rapuh dan lemah memang mencemaskan, terlebih lagi jika dihadapkan dengan iklim globalisasi dan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dewasa ini yang membawa keterbukaan terhadap informasi yang datang dari luar.
4.      Untuk mengatasi permasalah tersebut Perlunya dilakukan Penelitian terkait dengan implementasi pendidikan karakter sebagai landasan wawasan kebangsaan sehingga kita mengetahui solusi apa yang akan di lakukan dalam mengatasi lemahnya pendidikan karakter dalam meneruskan nilai-nilai kebangsaan.

B.     Rumusan Masalah
1.      Bagaimanakah Mengkaji kebijakan pendidikan karakter di sekolah berwawasan kebangsaa SMK Negeri 5 Mataram
2.      Bagaimanakah implementasi pendidikan karakter di Sekolah Berwawasan Kebangsaan SMK Negeri 5 Mataram

C.     Tujuan Penelitian
1.      Untuk Mengkaji kebijakan pendidikan karakter di sekolah berwawasan kebangsaa SMK Negeri 5 Mataram
2.      Untuk Mengkaji implementasi pendidikan karakter di Sekolah Berwawasan Kebangsaan SMK Negeri 5 Mataram

D.    Manfaat penelitian
1.      Manfaat Penelitian Teoritis
a.       Menjadi bahan rujukan dan bahan informasi untuk pendidikan yang sejenis dan dipergunakan masa yang akan datang.
b.      Memperkaya khasanah dan pengetahuan dalam bidang pendidikan, tertama bidang kajian profesionalisme keguruan yang membahas tentang pendidikan karakter sebagai wawasan kebangsaan.
2.      Manfaat Praktis Secara praktis
a.       Hasil penelitian ini menjadi masukan dan pedoman pembelajaran pendidikan karakter di sekolah agar menjadi semakin baik di masa yang akan datang dalam mendukung proses pembelajaran pendidikan karakter yang efektif.
b.      Hasil penelitian ini menjadi bahan informasi dan masukan guru dan kepala sekolah guna menggunakan dengan baik
c.       Hasil penelitian ini menjadi bahan pertimbangan dalam upaya pengembangan pendidikan karakter guru bidang studinya PPKn
d.      Hasil penelitian ini menjadi sumber informasi dalam usaha meningkatkan implementasi pendidikan karakter melalui program dinas pendidikan guru dapat menyelenggarakan pendidikan karakter di daerah secara baik





Tidak ada komentar:

Posting Komentar