LAPORAN
PERKEMBANGAN KE-1 TUGAS AKHIR
PERKULIAHAN
KE-12
NAMA : RINA
ANGGRAINI
NIM : E1B015042
NO.HP :
082339930208
BAB
I
PENDAHULUAN
KEADAAN
YANG SEBENARNYA
A. Pendidikan Karakter
1. Undang-undang
nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasiona pada Bab I Pasal: 1 ayat
(1) usaha sadar dan terencana untuk
mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara
aktif untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta
didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan
spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia,
serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
2. pendidikan
karakter menurut kurikulum K13
Kebijakan pemerintah
melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengenai pendidikan karakter
dalam Kurikulum 2013 Pendidikan karakter bukan hanya penting, tetapi mutlak
dilakukan oleh setiap bangsa jika ingin menjadi bangsa yang beradab. Banyak
fakta membuktikan bahwa bangsa-bangsa yang maju bukan disebabkan bangsa
tersebut memiliki sumber daya alam yang berlimpah, melainkan bangsa yang
memiliki karakter unggul seperti kejujuran, kerja keras, tanggung jawab dan lainnya.
3. Pada
kenyataanya Fenomena merosotnya karakter bangsa di tanah air dapat disebabkan
lemahnya pendidikan karakter dalam meneruskan nilai-nilai kebangsaan. Karakter
bangsa yang rapuh dan lemah memang mencemaskan, terlebih lagi jika dihadapkan
dengan iklim globalisasi dan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi dewasa
ini yang membawa keterbukaan terhadap informasi yang datang dari luar.
4. Untuk
mengatasi permasalah tersebut Perlunya dilakukan Penelitian terkait dengan implementasi pendidikan karakter sebagai
landasan wawasan kebangsaan sehingga
kita mengetahui solusi apa yang akan di lakukan dalam mengatasi lemahnya
pendidikan karakter dalam meneruskan nilai-nilai kebangsaan.
B. Rumusan
Masalah
1.
Bagaimanakah Mengkaji kebijakan
pendidikan karakter di sekolah berwawasan kebangsaa SMK Negeri 5 Mataram
2.
Bagaimanakah implementasi pendidikan
karakter di Sekolah Berwawasan Kebangsaan SMK Negeri 5 Mataram
C. Tujuan
Penelitian
1. Untuk
Mengkaji kebijakan pendidikan karakter di sekolah berwawasan kebangsaa SMK
Negeri 5 Mataram
2. Untuk
Mengkaji implementasi pendidikan karakter di Sekolah Berwawasan Kebangsaan SMK
Negeri 5 Mataram
D. Manfaat
penelitian
1. Manfaat
Penelitian Teoritis
a. Menjadi
bahan rujukan dan bahan informasi untuk pendidikan yang sejenis dan
dipergunakan masa yang akan datang.
b. Memperkaya
khasanah dan pengetahuan dalam bidang pendidikan, tertama bidang kajian
profesionalisme keguruan yang membahas tentang pendidikan karakter sebagai wawasan kebangsaan.
2. Manfaat
Praktis Secara praktis
a. Hasil
penelitian ini menjadi masukan dan pedoman pembelajaran pendidikan karakter di
sekolah agar menjadi semakin baik di masa yang akan datang dalam mendukung
proses pembelajaran pendidikan karakter yang efektif.
b. Hasil
penelitian ini menjadi bahan informasi dan masukan guru dan kepala sekolah guna
menggunakan dengan baik
c. Hasil
penelitian ini menjadi bahan pertimbangan dalam upaya pengembangan pendidikan
karakter guru bidang studinya PPKn
d. Hasil
penelitian ini menjadi sumber informasi dalam usaha meningkatkan implementasi
pendidikan karakter melalui program dinas pendidikan guru dapat
menyelenggarakan pendidikan karakter di daerah secara baik
Tidak ada komentar:
Posting Komentar