Selasa, 15 Mei 2018

Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.


TUGAS 6 (OUT CLASS)
 Jum’at, 20 APRIL 2018
NAMA : RINA ANGGRAINI
NIM : E1B015042
NO.HP : 082339930208

A.    Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar Gambar, Daftar Lampiran.
1.      Abstrak
a.       Pengertian
Abstrak merupakan sebuah ringkasan isi dari sebuah karya tulis ilmiah yang ditujukan untuk membantu seorang pembaca agar dapat dengan mudah dan cepat untuk melihat tujuan dari penulisannya.
Abstrak digunakan sebagai gambaran singkat atas sebuah karya tulis ilmiah/penelitian untuk dibaca
b.      Elemen-elemen abstrak
Abstrak adalah ringkasan dari seluruh isi sebuah tulisah ilmiah. Selain harus mencantumkan informasi bibliografisnya (nama penulis, judul, tahun, dan jumlah halaman). Untuk artikel jurnal, biasanya sebuah abstrak tidak boleh lebih dari 150 kata. Untuk skripsi, tesis, dan disertasi, kisaran jumlah katanya antara 300-500 kata. Isi abstrak seharusnya mengandung elemen-elemen kunci yang akan dijelaskan secara ringkas di bawah ini:
1.)    Latar belakang. Pada bagian ini perlu memberikan rangkuman informasi mengenai latar belakang atau lebih spesifik pokok masalah yang di geluti di dalam karya ilmiah.
2.)    Tujuan. Pada bagian ini perlu mengemukakan tujuan penulisan karya ilmiah.
3.)    Implikasi. Pada bagian ini mengemukakan implikasi praktis dari hasil riset (jika ada).
4.)    Metode. Pada bagian ini perlu mengemukakan metode riset yang di gunakan.
5.)    Hasil. Pada bagian ini mengemukakan temuan-temuan yang di hasilkan dalam riset.
6.)    Kesimpulan. Kesimpulan akhir dari hasil.
c.       Contoh abstrak dalam penulisan karya ilmiah skripsi
Description: G:\Abstrak Skripsi Pengembangan.jpg

2.      Kata Pengantar
a.       Pengertian
Kata Pengantar adalah halaman pada karya tulis yang berisi ucapan dari penyusun atas selesainya penulisan karya tulis tersebut umumnya berisi ucapan rasa terima kasih, ucapan rasa syukur juga tujuan dan manfaat penulisan serta meminta kritik dan saran yang membangun.
b.      Contoh kata pengantar dalam penulisan karya ilmiah skripsi
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah subhanahu wa ta’ala yang telah melimpahkan kasih dan sayang-Nya kepada kita, sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu, yang kami beri Judul “Bahaya Membentak terhadap Perkembangan Belajar Anak Usia di Bawah Umur (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III dan V SD Negeri 1 Surakarta)”
Tujuan dari penyusunan skripsi ini guna memenuhi salah satu syarat untuk bisa menempuh ujian sarjana pendidikan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).
Didalam pengerjaan skripsi ini telah melibatkan banyak pihak yang sangat membantu dalam banyak hal. Oleh sebab itu, disini penulis sampaikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada :
1. Bapak Dr. Trisno Martono, M.M, Selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (FKIP UNS) yang telah memberikan ijin penelitian
2. Ibu Dra. Sri Dwiastuti, M.Si, Selaku Ketua Jurusan P.MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (FKIP UNS) yang telah menyetujui permohonan penyusunan Skripsi.
3. Ibu Dra. Rini Budiharti, M.Pd, Selaku Ketua Program Fisika Jurusan P. MIPA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (FKIP UNS).
4. Ibu Dra. Nonoh Siti Aminah, M.Pd, Selaku Koordinator Skripsi Program Fisika Jurusan P. MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (FKIP UNS).
5. Bapak Drs. Edy Wiyono, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I yang telah membimbing dalam penyusunan Skripsi ini hingga selesai.
6. Bapak Drs. Darianto, Selaku Dosen Pembimbing II yang telah membimbing dalam penyusunan Skripsi ini hingga selesai.
7. Bapak Abdul Madjid, S.Pd., M.M. selaku Kepala Sekolah SD Negeri 1 Surakarta beserta staf pengajar yang telah sudi memberi ijin penelitian kepada penulis hingga skripsi ini selesai tepat waktu.
8. Seluruh siswa kelas III & V SD Negeri 1 Surakarta.
9. Orang tua tercinta yang telah banyak memberikan doa dan dukungan kepada penulis secara moril maupun materil hingga skripsi ini dapat selesai.
10. Kakak dan adik tercinta juga anggota keluarga dan kerabat yang senatiasa memberikan doa dan dukungan semangat kepada penulis.
11. Sahabat dan rekan seperjuangan tercinta yang tiada henti memberi dukungan dan motivasi kepada penulis.
12. Semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan skripsi ini yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.

Surakarta, 1 Juni 2008



Penulis H. Fauzi A.H














3.      Daftar Isi
a.       Pengertian
Daftar isi adalah suatu rangkaian atau untaian dari beberapa judul yang berada pad setiap Bab dan biasanya daftar isi disertai dengan nomor halamaan. Daftar isi berfungsi untuk memudahkan pembaca dalam mencari untuk memudahkan pembaca dalam mencari judul-judul dan halaman yang akan dituju.
Daftar isi memuat petunjuk bagi pembaca tentang nomor halaman dan topik tertentu. Daftar isi memuat judul besar (Bab), judul kecil (Sub-Bab), Sub Sub Bab) dengan nomor halamannya. Jika judul kecil juga dimuat, maka judul kecil itu ditempatkan lebih masuk di bawah judul yang lebih besar.
b.      contoh daftar isi dari judul skripsi “Efektifitas Pembelajaran Pkn Dalam Mengembangkan Kepribadian Siswa Di Smp Negeri 9 Malang”

DAFTAR ISI
LEMBAR PERSETUJUAN ................................................................................ i
LEMBAR PENGESAHAN ........................................................................... ii
SURAT PERNYATAAN ............................................................................... iii
MOTTO ..........................................................................................................iv
PERSEMBAHAN ........................................................................................... v
ABSTRAK .......................................................................................................vi
ABSTRACT ............................................................................................................ vii
KATA PENGANTAR ............................................................................................ viii
DAFTAR ISI ........................................................................................................... x
DAFTAR TABEL ...................................................................................................
Tabel 1. Konsep dan Sudut Pandang Pembelajaran .................................................
DAFTAR GAMBAR ..............................................................................................
Gambar 1. Kerangka Konsep Penelitian ..................................................................
Gambar 2. Foto SMP Negeri 9 Malang ...................................................................
Gambar 3. Pengamatan Kegiatan Belajar Mengajar PKn Kelas VII dan VIII ........
BAB I : PENDAHULUAN ....................................................................................
1.1 Latar Belakang ...................................................................................................
1.2 Rumusan Masalah ..............................................................................................
1.3 Batasan Masalah ................................................................................................
1.4 Tujuan Penelitian ..............................................................................................
1.5 Manfaat Penelitian ...........................................................................................
1.6 Penegasan Istilah ..............................................................................................
BAB II: KAJIAN PUSTAKA ..............................................................................
2.1 Penelitian Terdahulu ........................................................................................
2.2 Konsep Penelitian .............................................................................................
2.2.1 Pembelajaran PKn .........................................................................................
1. Pengertian Pembelajaran ....................................................................................
2. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) ..................................................................
a. Sejarah Perkembangan PKn ................................................................................
b. Landasan PKn ......................................................................................................
c. Tujuan PKn ...........................................................................................................
2.2.2 Efektifitas Pembelajaran PKn .........................................................................
1. Pengertian Efektifitas ...........................................................................................
2. Efektifitas Pembelajaran ......................................................................................
a. Mengajar Yang Efektif ........................................................................................
b. Persyaratan Proses Pembelajaran Yang Efektif ...................................................
c. Aspek-Aspek Untuk Melihat Efektifitas...............................................................
Pembelajaran ............................................................................................................
d. Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Untuk ............................................................
Menghasilkan Pengajaran Efektif .............................................................................
2.2.3 Kepribadian Bangsa Dalam PKn .....................................................................
1. Kepribadian ..........................................................................................................
2. Kepribadian Bangsa .............................................................................................
3. Kewarganegaraan dan Kepribadian ......................................................................
2.3 Kerangka Konsep Penelitian ...................................................... ........................
BAB III: METODOLOGI PENELITIAN ............................................................
3.1 Jenis Penelitian ....................................................................................................
3.2 Lokasi Penelitian .................................................................................................
3.3 Subyek Penelitian ................................................................................................
3.4 Sumber Data ........................................................................................................
3.5 Teknik Pengumpulan Data ..................................................................................
3.6 Teknik Analisa Data ............................................................................................
3.7 Teknik Keabsahan Data .......................................................................................
BAB IV : HASIL DAN PEMBAHASAN ................................................................
4.1 Latar Belakang SMP Negeri 9 Malang ................................................................
4.1.1 Profil SMP Negeri 9 Malang .............................................................................
4.1.2 Visi dan Misi SMP Negeri 9 Malang .................................................................
1. Visi SMP Negeri 9 Malang .....................................................................................
2. Misi SMP Negeri 9 Malang ....................................................................................
4.2 Hasil dan Pembahasan............................................................................................
4.2.1 Efektifitas Pembelajaran PKn Dalam Mengembangkan....................................
Kepribadian Siswa Di SMP Negeri 9 Malang ............................................................
4.2.2 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektifitas...................................................
Pembelajaran PKn Dalam Mengembangkan...............................................................
Kepribadian Siswa Di SMP Negeri 9 Malang ............................................................
4.2.3 Hambatan-hambatan Yang Dihadapi Pembelajaran PKn...................................
Dalam Mengembangkan Kepribadian Siswa Di SMP..................................................
Negeri 9 Malang ...........................................................................................................
BAB V : PENUTUP ....................................................................................................
5.1 Kesimpulan .............................................................................................................
5.2 Saran ........................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN.....................................................................................

4.      Daftar Tabel
1.      Pengertian
Daftar tabel adalah kumpulan beberapa urutan tabel yang menunjang pembuatan suatu tulisan karya ilmiah.
2.      Contoh daftar tabel

DAFTAR TABEL
Tabel 1. Konsep dan Sudut Pandang Pembelajaran .........................................49


5.      Daftar Gambar
1.      Pengertian
Daftar gambar adalah  Daftar yang memuat nomor urut gambar, judul gambar dan nomor halaman letak gambar.
2.      Contoh daftar gambar
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Kerangka Konsep Penelitian ..........................................................
Gambar 2. Foto SMP Negeri 9 Malang ...........................................................
Gambar 3. Pengamatan Kegiatan Belajar Mengajar PKn Kelas VII dan VIII ..

6.      Daftar Lampiran
1.      Pengertian
Daftar Lampiran adalah daftar yang memuat nomor urut lampiran, judul lampiran dan nomor halaman letak lampiran. 
2.      Contoh daftar lampiran
DAFTAR LAMPIRAN

Lampiran I.       Hasil Wawancara Penelitian
Lampiran II.      Pedoman Penilaian MAN Kota Kediri 3
Lampiran III.    RPP mata pelajaran PAI MAN Kota Kediri 3
Lampiran IV.    Daftar nilai siswa
Lampiran V.       Nota Konsultasi
Lampiran VI.    Surat keterangan Penelitian
Lampiran VII.   Daftar Riwayat Hidup

Sumber:

https://www.kompasiana.com/nararya1979/menulis-abstrak-pada-karya-tulis-akademis_54f35b437455139d2b6c72a7

http://u13aps.blogspot.co.id/2012/05/bagian-awal-karya-ilmiah-karya-tulis.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar