TUGAS 6 (OUT CLASS)
Jum’at, 20 APRIL 2018
NAMA : RINA
ANGGRAINI
NIM : E1B015042
NO.HP :
082339930208
A.
Abstrak, Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Tabel, Daftar
Gambar, Daftar Lampiran.
1.
Abstrak
a.
Pengertian
Abstrak merupakan sebuah ringkasan isi dari
sebuah karya tulis ilmiah yang ditujukan untuk membantu seorang pembaca agar
dapat dengan mudah dan cepat untuk melihat tujuan dari penulisannya.
Abstrak digunakan sebagai gambaran singkat atas sebuah
karya tulis ilmiah/penelitian untuk dibaca
b.
Elemen-elemen abstrak
Abstrak adalah ringkasan dari
seluruh isi sebuah tulisah ilmiah. Selain harus mencantumkan informasi
bibliografisnya (nama penulis, judul, tahun, dan jumlah halaman). Untuk artikel
jurnal, biasanya sebuah abstrak tidak boleh lebih dari 150 kata. Untuk skripsi,
tesis, dan disertasi, kisaran jumlah katanya antara 300-500 kata. Isi abstrak
seharusnya mengandung elemen-elemen kunci yang akan dijelaskan secara ringkas
di bawah ini:
1.)
Latar belakang. Pada bagian ini perlu memberikan rangkuman informasi mengenai latar
belakang atau lebih spesifik pokok masalah yang di geluti di dalam karya
ilmiah.
2.)
Tujuan. Pada bagian ini perlu mengemukakan tujuan penulisan karya ilmiah.
3.)
Implikasi. Pada bagian ini mengemukakan implikasi praktis dari hasil riset (jika
ada).
4.)
Metode. Pada
bagian ini perlu mengemukakan metode riset yang di gunakan.
5.)
Hasil. Pada
bagian ini mengemukakan temuan-temuan yang di hasilkan dalam riset.
6.)
Kesimpulan. Kesimpulan akhir dari hasil.
c. Contoh abstrak dalam penulisan
karya ilmiah skripsi

2.
Kata Pengantar
a.
Pengertian
Kata Pengantar adalah halaman
pada karya tulis yang berisi ucapan dari penyusun atas selesainya penulisan
karya tulis tersebut umumnya berisi ucapan rasa terima kasih, ucapan rasa
syukur juga tujuan dan manfaat penulisan serta meminta kritik dan saran yang
membangun.
b. Contoh kata pengantar dalam
penulisan karya ilmiah skripsi
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah
subhanahu wa ta’ala yang telah melimpahkan kasih dan sayang-Nya kepada kita,
sehingga penulis bisa menyelesaikan skripsi dengan tepat waktu, yang kami beri
Judul “Bahaya Membentak terhadap Perkembangan Belajar Anak Usia di Bawah Umur
(Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas III dan V SD Negeri 1 Surakarta)”
Tujuan dari penyusunan skripsi ini guna memenuhi salah
satu syarat untuk bisa menempuh ujian sarjana pendidikan pada Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
di Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).
Didalam pengerjaan skripsi ini telah melibatkan banyak
pihak yang sangat membantu dalam banyak hal. Oleh sebab itu, disini penulis
sampaikan rasa terima kasih sedalam-dalamnya kepada :
1. Bapak Dr. Trisno Martono, M.M, Selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (FKIP UNS) yang telah memberikan
ijin penelitian
2. Ibu Dra. Sri Dwiastuti, M.Si, Selaku Ketua Jurusan P.MIPA Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta (FKIP UNS)
yang telah menyetujui permohonan penyusunan Skripsi.
3. Ibu Dra. Rini Budiharti, M.Pd, Selaku Ketua Program Fisika Jurusan P.
MIPA Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta
(FKIP UNS).
4. Ibu Dra. Nonoh Siti Aminah, M.Pd, Selaku Koordinator Skripsi Program
Fisika Jurusan P. MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Sebelas Maret Surakarta (FKIP UNS).
5. Bapak Drs. Edy Wiyono, M.Pd, Selaku Dosen Pembimbing I yang telah
membimbing dalam penyusunan Skripsi ini hingga selesai.
6. Bapak Drs. Darianto, Selaku Dosen Pembimbing II yang telah membimbing
dalam penyusunan Skripsi ini hingga selesai.
7. Bapak Abdul Madjid, S.Pd., M.M. selaku Kepala Sekolah SD Negeri 1
Surakarta beserta staf pengajar yang telah sudi memberi ijin penelitian kepada
penulis hingga skripsi ini selesai tepat waktu.
8. Seluruh siswa kelas III & V SD Negeri 1 Surakarta.
9. Orang tua tercinta yang telah banyak memberikan doa dan dukungan kepada
penulis secara moril maupun materil hingga skripsi ini dapat selesai.
10. Kakak dan adik tercinta juga anggota keluarga dan kerabat yang
senatiasa memberikan doa dan dukungan semangat kepada penulis.
11. Sahabat dan rekan seperjuangan tercinta yang tiada henti memberi
dukungan dan motivasi kepada penulis.
12. Semua pihak yang telah banyak membantu dalam penyusunan skripsi ini
yang tidak bisa penulis sebutkan semuanya.
Surakarta, 1 Juni 2008
Penulis H. Fauzi A.H
3.
Daftar Isi
a.
Pengertian
Daftar isi adalah suatu rangkaian
atau untaian dari beberapa judul yang berada pad setiap Bab dan biasanya daftar
isi disertai dengan nomor halamaan. Daftar isi berfungsi untuk memudahkan
pembaca dalam mencari untuk memudahkan pembaca dalam mencari judul-judul dan
halaman yang akan dituju.
Daftar isi memuat petunjuk bagi pembaca
tentang nomor halaman dan topik tertentu. Daftar isi memuat judul besar (Bab),
judul kecil (Sub-Bab), Sub Sub Bab) dengan nomor halamannya. Jika judul kecil
juga dimuat, maka judul kecil itu ditempatkan lebih masuk di bawah judul yang
lebih besar.
b.
contoh daftar isi dari judul skripsi “Efektifitas Pembelajaran Pkn
Dalam Mengembangkan Kepribadian Siswa Di Smp Negeri 9 Malang”
DAFTAR ISI
LEMBAR PERSETUJUAN ................................................................................
i
LEMBAR
PENGESAHAN ...........................................................................
ii
SURAT
PERNYATAAN ...............................................................................
iii
MOTTO
..........................................................................................................iv
PERSEMBAHAN
...........................................................................................
v
ABSTRAK
.......................................................................................................vi
ABSTRACT ............................................................................................................
vii
KATA PENGANTAR ............................................................................................
viii
DAFTAR ISI ...........................................................................................................
x
DAFTAR TABEL ...................................................................................................
Tabel 1. Konsep dan
Sudut Pandang Pembelajaran .................................................
DAFTAR GAMBAR ..............................................................................................
Gambar 1. Kerangka
Konsep Penelitian ..................................................................
Gambar 2. Foto SMP
Negeri 9 Malang ...................................................................
Gambar 3.
Pengamatan Kegiatan Belajar Mengajar PKn Kelas VII dan VIII ........
BAB I : PENDAHULUAN
....................................................................................
1.1 Latar Belakang
...................................................................................................
1.2 Rumusan Masalah
..............................................................................................
1.3 Batasan Masalah
................................................................................................
1.4 Tujuan
Penelitian
..............................................................................................
1.5 Manfaat
Penelitian
...........................................................................................
1.6 Penegasan
Istilah
..............................................................................................
BAB II: KAJIAN
PUSTAKA ..............................................................................
2.1 Penelitian
Terdahulu ........................................................................................
2.2 Konsep
Penelitian .............................................................................................
2.2.1 Pembelajaran
PKn .........................................................................................
1. Pengertian
Pembelajaran ....................................................................................
2. Pendidikan
Kewarganegaraan (PKn) ..................................................................
a. Sejarah
Perkembangan PKn ................................................................................
b. Landasan PKn
......................................................................................................
c. Tujuan PKn
...........................................................................................................
2.2.2 Efektifitas
Pembelajaran PKn .........................................................................
1. Pengertian
Efektifitas ...........................................................................................
2. Efektifitas
Pembelajaran ......................................................................................
a. Mengajar Yang
Efektif ........................................................................................
b. Persyaratan
Proses Pembelajaran Yang Efektif ...................................................
c. Aspek-Aspek
Untuk Melihat Efektifitas...............................................................
Pembelajaran
............................................................................................................
d. Hal-Hal Yang
Harus Diperhatikan Untuk
............................................................
Menghasilkan
Pengajaran Efektif .............................................................................
2.2.3 Kepribadian
Bangsa Dalam PKn .....................................................................
1. Kepribadian
..........................................................................................................
2. Kepribadian
Bangsa .............................................................................................
3. Kewarganegaraan
dan Kepribadian ......................................................................
2.3 Kerangka Konsep
Penelitian ...................................................... ........................
BAB III: METODOLOGI
PENELITIAN ............................................................
3.1 Jenis
Penelitian
....................................................................................................
3.2 Lokasi
Penelitian .................................................................................................
3.3 Subyek
Penelitian
................................................................................................
3.4 Sumber Data
........................................................................................................
3.5 Teknik
Pengumpulan Data ..................................................................................
3.6 Teknik Analisa
Data ............................................................................................
3.7 Teknik
Keabsahan Data .......................................................................................
BAB IV : HASIL DAN
PEMBAHASAN ................................................................
4.1 Latar Belakang
SMP Negeri 9 Malang ................................................................
4.1.1 Profil SMP
Negeri 9 Malang .............................................................................
4.1.2 Visi dan Misi
SMP Negeri 9 Malang .................................................................
1. Visi SMP Negeri
9 Malang .....................................................................................
2. Misi SMP Negeri
9 Malang ....................................................................................
4.2 Hasil dan Pembahasan............................................................................................
4.2.1 Efektifitas
Pembelajaran PKn Dalam Mengembangkan....................................
Kepribadian Siswa
Di SMP Negeri 9 Malang ............................................................
4.2.2 Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Efektifitas...................................................
Pembelajaran PKn Dalam
Mengembangkan...............................................................
Kepribadian Siswa
Di SMP Negeri 9 Malang ............................................................
4.2.3
Hambatan-hambatan Yang Dihadapi Pembelajaran PKn...................................
Dalam Mengembangkan
Kepribadian Siswa Di SMP..................................................
Negeri 9 Malang
...........................................................................................................
BAB V : PENUTUP ....................................................................................................
5.1 Kesimpulan
.............................................................................................................
5.2 Saran
........................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA....................................................................................................
LAMPIRAN-LAMPIRAN.....................................................................................
4.
Daftar Tabel
1.
Pengertian
Daftar tabel adalah kumpulan beberapa urutan
tabel yang menunjang pembuatan suatu tulisan karya ilmiah.
2.
Contoh daftar tabel
DAFTAR TABEL
Tabel 1. Konsep dan Sudut Pandang Pembelajaran
.........................................49
5.
Daftar Gambar
1.
Pengertian
Daftar gambar adalah Daftar yang memuat nomor urut gambar,
judul gambar dan nomor halaman letak gambar.
2.
Contoh daftar gambar
DAFTAR GAMBAR
Gambar 1. Kerangka
Konsep Penelitian ..........................................................
Gambar 2. Foto SMP
Negeri 9 Malang ...........................................................
Gambar 3.
Pengamatan Kegiatan Belajar Mengajar PKn Kelas VII dan VIII ..
6.
Daftar Lampiran
1.
Pengertian
Daftar Lampiran adalah daftar yang memuat nomor urut lampiran, judul
lampiran dan nomor halaman letak lampiran.
2.
Contoh daftar lampiran
DAFTAR LAMPIRAN
Lampiran
I. Hasil Wawancara Penelitian
Lampiran II. Pedoman
Penilaian MAN Kota Kediri 3
Lampiran
III. RPP mata pelajaran PAI MAN Kota Kediri 3
Lampiran
IV. Daftar nilai siswa
Lampiran
V. Nota Konsultasi
Lampiran
VI. Surat keterangan Penelitian
Lampiran
VII. Daftar Riwayat Hidup
Sumber:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar