TUGAS 2
Rabu, 21 Maret 2018
NAMA : RINA ANGGRAINI
NIM : E1B015042
NO.HP
: 082339930208
A. Pengertian
Pendekatan Penelitian Pendidikan
Cara pandang atau cara berpikir seorang peneliti dalam
mengambil suatu permasalah pendidikan dengan desain riset yang dibuat dan bagaimana penelitian
dilakukan. melalui penemuan-penemuan secara langsung dengan
melakukan metode-metode penelitian.
B. Jenis-jenis
Pendekatan Penelitian Pendidikan
1. Pendekatan
Penelitian Kuantitatif
Metode
penelitian yang menekankan pada fenomena-fenomena yang obyektif dan di gunakan
untuk meneliti pada populasi atau sampel-sampel tertentu, teknik pengambilan
sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan
instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic dengan
tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan.
Adapun
hasil dari penelitian merupakan generalisasi dan prediksi berdasarkan
hasil-hasil pengukuran yang kebenaran hasil penelitiannya didukung oleh
validitas cara/alat yang digunakan
2. Pendekatan
penelitian kualitatif
Suatu
penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena,
peristiwa, aktivitas social, sikap, pemikiran orang secara individual maupun
kelompok. Data dihimpun dengan pengamatan yang seksama, mencakup deskripsi
dalam konteks yang mendetail disertai catatan hasil wawancara yang mendalam,
serta hasil analisis dokumen.
3. Pendekatan
penelitian gabungan
Metode
pendekatan penelitian yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan
kualitatif. Pendekatan ini melibatkan asumsi-asumsi filosofis serta melibatkan
kedua metode ini secara kolektif.
Refrensi
awalinamaftukhah.blogspot.com/2015/.../pendekatan-dalam-penelitian-pendidikan.ht...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar