Selasa, 20 Maret 2018

pengertian dan jenis pendekatan penelitian pendidikan


TUGAS 2
Rabu, 21 Maret 2018

    NAMA : RINA ANGGRAINI
NIM : E1B015042
EMAIL:     rina10121996@gmail.com
NO.HP : 082339930208

A.    Pengertian Pendekatan Penelitian Pendidikan
Cara pandang atau cara berpikir seorang peneliti dalam mengambil suatu permasalah pendidikan dengan desain riset yang dibuat dan bagaimana penelitian dilakukan. melalui penemuan-penemuan secara langsung dengan melakukan metode-metode penelitian.

B.     Jenis-jenis Pendekatan Penelitian Pendidikan
1.      Pendekatan Penelitian Kuantitatif
Metode penelitian yang menekankan pada fenomena-fenomena yang obyektif dan di gunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel-sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif atau statistic dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan.
Adapun hasil dari penelitian merupakan generalisasi dan prediksi berdasarkan hasil-hasil pengukuran yang kebenaran hasil penelitiannya didukung oleh validitas cara/alat yang digunakan
2.      Pendekatan penelitian kualitatif
Suatu penelitian yang ditunjukkan untuk mendiskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktivitas social, sikap, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Data dihimpun dengan pengamatan yang seksama, mencakup deskripsi dalam konteks yang mendetail disertai catatan hasil wawancara yang mendalam, serta hasil analisis dokumen.



3.      Pendekatan penelitian gabungan
      Metode pendekatan penelitian yang menggabungkan antara penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan ini melibatkan asumsi-asumsi filosofis serta melibatkan kedua metode ini secara kolektif.

Refrensi
awalinamaftukhah.blogspot.com/2015/.../pendekatan-dalam-penelitian-pendidikan.ht...



Tidak ada komentar:

Posting Komentar