TUGAS 1
Rabu 14 Maret 2018
NAMA : RINA
ANGGRAINI
NIM : E1B015042
NO.HP :
082339930208
A.
Pengertian penelitian pendidikan
Pengertian
dari penelitian pendidikan adalah suatu kegiatan yang sistematis untuk
menemukan jawaban yang mendekati kebenaran mengenai permasalahan pendidikan
atas dasar penalaran yang rasional dan logis, serta adanya dukungan dari fakta
empiris.
maka penelitian pendidikan dapat diartikan sebagai proses yang sistematis
untuk memperoleh pengetahuan (to discover knowledge) dan pemecahan masalah
(problem solving) pendidikan melalui metode ilmiah, baik dalam pengumpulan
maupun analisis datanya, serta membuat rumusan generalisasi berdasarkan
penafsiran data tersebut.
B. Rasionalisasi
perlunya penelitian pendidikan
Ada empat sebab yang melatarbelakangi rasionalnya suatu penelitian itu
perlu dilakukan yaitu :
1. penelitian didasarkan atas kesadaran keterbatasan
pengetahuan, pemahaman, dan kemampuan.
Dalam
kehidupan yang sangat luas tersebut banyak hal yang tidak kita ketahui, tidak
jelas, tidak paham sehingga menimbulkan kebingungan karena pengetahuan,
pemahaman dan kemampuan manusia yang sangat terbatas dibandingkan dengan
lingkungannya yang begitu luas.
2. penelitian dilakukan karena didorong oleh pemenuhan kebutuhan rasa ingin
tahu.
Manusia
memiliki dorongan atau naluri ingin mengetahui tentang sesuatu diluar dirinya.
Pengetahuan dan pemahaman tentang sesuatu menimbulkan rasa ingin tahu yang
lebih luas, lebih tinggi, dan lebih menyeluruh. Dorongan ingin tahu disalurkan
untuk menambah dan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman. Contohnya, manusia
selalu bertanya, apa itu, bagaimana itu, mengapa begitu, dan sebagainya. Bagi
kebanyakan orang, jawaban-jawaban sepintas dan sederhana mungkin sudah
memberikan kepuasan, tetapi bagi orang-orang tertentu, para ilmuwan. peneliti,
dan mungkin juga para pemimpin, dibutuhkan jawaban yang lebih mendalam, lebih
rinci, dan lebih komprehensif.
3. penelitian dilakukan untuk pemecahan
masalah.
Banyak cara yang dilakukan manusia untuk memecahkan masalah yang dihadapinya,
antara lain :
a.) Pemecahan masalah dilakukan secara
tradisional atau mengikuti kebiasaan.
b.) Pemecahan masalah secara dogmatis.
c.) Pemecahan masalah secara intuitif yaitu
berdasarkan bisikan hati.
d.) Pemecahan masalah secara emosional.
e.) Pemecahan masalah secara spekulatif
atau trial and error.
f.) Pemecahan masalah melalui penelitian.
4. pemenuhan pengembangan diri.
Manusia
merasa tidak puas dengan apa yang telah dicapai, dikuasai, dan dimilikinya.
Pencapaian yang diinginkan manusia melalui penelitian sangat tergantung ruang
lingkup penelitian yang dirancang.
C. Tujuan penelitian
pendidikan
Penelitian
pendidikan umumnya dilakukan untuk mengembangkan, menemukan dan menguji atas
kebenaran dari suatu konsep, prinsip, pengetahuan dan mengenai pendidikan
secara umum. Adapun tujuan penelitian pendidikan sebagai berikut :
1.
Menemukan fakta baru dan menguji fakta
lama tentang pendidikan
2.
Untuk bahan masukan, meningkatkan mutu isi, proses serta
hasil pembelajaran dan pendidikan di sekolah.
3.
Untuk membantu tenaga kependidikan seperti guru dan lainnya
dalam mengatasi masalah pendidikan dan pembelajaran baik di luar maupun di
dalam kelas.
4.
Untuk meningkatkan profesionalisme di dalam dunia pendidikan
maupun tenaga kependidikan.
5.
Untuk menumbuhkan dan mengembangkan budaya akademik dalam
lingkungan sekolah, sehingga bisa melakukan perbaikan mutu pembelajaran dan
pendidikan secara berkelanjutan.
6.
Untuk meningkatkan kerja sama yang profesional di antara
para pendidik maupun tenaga kependidikan.
D. Fungsi
penelitian pendidkan
Tyler
mengemukakan lima fungsi penelitian pendidikan yang dapat dilakukan pada masa
kini.
1. Menunjukan isi
dan cara mengajar serta mengorganisasikan dan menjalankan sekolah.
2. Menilai
program, prosedur dan bahan-bahan untuk menunjukan hasil pendidikan yang telah
dicapai, biaya dalam ukuran waktu, usaha dan bahan-bahan, dan keadaan
hasil-hasil yang dicapai.Membentuk suatu badan informasi tentang usaha
pendidikan yang bermanfaat dalam
3. penyusunan
kebijakan dalam dua pengambilan keputusan.
4. Menyediakan
pandangan, rangsangan dan penyuluhan yang berhasil untuk pembaruan pendidikan.
5. Mengembangkan
teori yang lebih memadai dan sahih (valid) tentang proses pendidikan serta
pengoperasian usaha (Dali S. Naga, 19800).
E. manfaat dari penelitian pendidikan
1. Sebagai peta yang dapat
mendeskripsikan mengenai keadaan pendidikan serta mendeskripsikan tentang
kemampuan sumber daya mengenai kemungkinan
hambatan yang bisa dihadapi.
2.
Sebagai sarana
diagnosis ketika mencari penyebab suatu kegagalan dan masalah yang di hadapi
pada saat pelaksanaan pendidikan agar bisa dicari penyelesaiannya.
3.
Sebagai bahan dasar
untuk menyusun suatu kebijakan, termasuk strategi dalam pengembangan
pendidikan.
4.
Sebagai masukan yang
dapat memberikan gambaran mengenai kemampuan dalam peralatan, pembiayaan,
perbekalan dan tenaga kerja yang memiliki peran dalam keberhasilan pendidikan.
F. Proses penelitian pendidikan
1.
Identifikasi
masalah
Penelitian dimulai dengan
mengidentifikasi isu-isu dan masalah-masalah penting, actual, dan krusial yang
dihadapi saat ini, dan yang paling banyak arti atau kegunaanya bila isu atau
masalah tersebut diteliti.
2. Perumusan masalah
Perumusan masalah merupakan
perumusan dan pemetaan factor-faktor, atau variebel-variebel yang terkait
dengan focus masalah.
3.
Penelusuran
pustaka
Merupakan kegiatan untuk mengkaji
teori-teori yang mendsari penelitian, baik teori yang berkenaan dengan bidang
ilmu yang diteliti maupun metodologi.
4.
Rancangan
penelitian/Merumuskan Hipotesis
Dirumuskan dalam bentuk hipotesis
atau pertanyaan penelitian. Rumusan hipotesis dibuat apabila penelitiannya
menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengolahan data statistic
inferensial. Untuk penelitian kuantitatif yang menggunakan pengolahan data
statistic deskriptif tidak diperlukan rumusan hipotesis, cukup dengan
pertanyaan-pertanyaan pokok, demikian juga pada penelitian kualitatif
5.
Menentukan Desain dan Metode
Penelitian
Desain penelitian berisi rumusan
tentang langkah-langkah penelitian, dengan menggunakan pendekatan, metode
penelitian, teknik pengumpulan data, dan sumber data tertentu serta alas
an-alasan mengapa menggunakan metode tersebut
6.
Menyusun
Intrumen dan Pengumpulan data
Kegiatan pengumpulan data didahului
oleh penetuan teknik, penyusunan dan pengujian instrument pengumpulan data yang
akan digunakan.
7.
Pengolahan data
dan menyajikan hasil
Analisis data menjelaskan teknik dan
langkah-langkah yang ditempuh dalam mengolah atau menganalisis data. Data
kuantitaif dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistic deskriptif
berupa table, grafik, profil, bagan, atau menggunakan statistic inferensial
berupa korelasi, regresi, perbedaan, analisa jalur, dll. Data kualitatif
dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriftif naratif logis.
8.
Menginterpretasikan Temuan,
Membuat Kesimpulan dan Rekomendasi
Hasil analisi data masih berbentuk
temuan yang belum diberi makna. Pemberian makna atau arti dari temuan dilakukan
melalui interpretasi. Interpretasi dibuat dengan melihat makna hubungan antara
temuan yang satu dengan yang lainnya.
Antara temukan dengan konteks atau
hal-hal yang melatarbelakangi, dengan teori yang mendukungnya ataupun dengan
kemungkinan penerapannya. Kesimpulan merupakan penarikan generalisasi dari
hasil interpretasi temuan penelitian. Selanjutnya kesimpulan-kesimpulan yang
telah dirumuskan, disusunlah implikasi dan rekomendasi atau saran.
E. Beberapa keterbatasan penelitian
pendidikan
1. Waktu
2. Biaya atau
Sumber dana
3. Masalahnya yang
kompleks
4. Dapat terjadi
salah penginterpretasian.
5. Sering kali
pembuat keputusan hanya mau tahu hasil akhirnya saja.
6. Hasilnya sulit
untuk dipublikasikan secara luas kepada publik.
7. Tidak mudah
menemukan dan merumuskan masalah yang hendak diteliti.
8. Kurang
mendalamnnya pengetahuan dan keterampilan dalam teknik-teknik dasar penelitian
pendidikan.
9. Kurangnya ketidakmampuan
dalam menyakinkan bahwa model, metode, strategi yang digunakan benar-benar
berjalan secara efektif dan mampu membawa perubahan positif.
Sumber: http://educationesia.blogspot.com/2012/05/langkah-langkah-penelitian-pendidikan.html#ixzz59dqZYMBB
Tidak ada komentar:
Posting Komentar