Kamis, 19 Oktober 2017

Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI



TUGAS 3 REVISI
(kamis, 28 September 2017)
                      NAMA : RINA ANGGRAINI
          NIM : E1B015042
                                                                            NO. HP : 082339930208
        Alamat Email : rina10121996@gmail.com

A.    Tujuan pembelajaran
a.       KD 3.6
 Memahami konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia  (NKRI)
                         
Indikator 3.6 (kognitif)
1.6.1        Setelah Melalui  proses pembelajaran mengamati dan menanya (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menjelaskan sejarah perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (B) menurut rumusan siswa sendiri dengan benar(D).
1.6.2        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengmpulkan informasi (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapan mampu 3.6.2 mengidentifikasi Ancaman-ancaman yang timbul erhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (B) dengan baik (D).
1.6.3        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati dan menanya (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu  Mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).(B) sesuai dengan jangkauan pergaulannya dengan tepat (D).
1.6.4        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati dan menanya (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Mengemukkan  kasus tentang dinamika mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (B) dengan tepat (D).


b.      KD 4.6
Menyaji hasil telaah konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
                   
                    Indikator 4.6 (Psikomotorik)
4.6.1        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu menyaji hasil telaah sejarah perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia( NKRI) (B) dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif  (D).
4.6.2        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menyaji hasil telaah Ancaman-ancaman yang timbul dalam perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (B) dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif  (D).
4.6.3        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menyaji hasil telaah nilai-nilai yang terkandung dalam perjuangan  mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (B) dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif  (D).
4.6.4        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menyaji hasil telaah kasus tentang dinamika mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (B) dengan menggunakan media pembelajaran yang kreatif  (D).

c.       KD 1.6
Menunjukkan sikap persatuan dan kesatuan dalam mengisi dan mempertahankan NKRI sebagai wahana perwujudan orang yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME

Indikator 1.6 (spiritual)
1.6.1        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya,dan mengumpulkan informasi (P) siswa kelas IX SMP Semester 2  (A) diharapkan mampu menunjukkan sikap ikhtiar  sesuai dengan ciri orang beriman seperti perjuangan para pahlawan dalam mengisi dan mempertahankan NKRI (B). dengan tetap berusaha menjaga tanah air Indonesia  (D)
1.6.2        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu  Menujukkan  sikap adil sesuai dengan ciri orang beriman dalam mengisi dan mempertahankan NKRI(B) dengan selalu menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika (D).
1.6.3        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya,dan mengumpulkan informasi (P) siswa kelas IX SMP Semester 2  (A) diharapkan mampu Menunjukkan sikap tolong menolong sesuai dengan ciri orang beriman dalam mengisi dan mempertahankan NKRI (B) dengan selalu menyampaikan suatu hal dengan jujur atau sebagaimana mestinya (D)
1.6.4        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya,dan mengumpulkan informasi (P) siswa kelas IX SMP Semester 2  (A) diharapkan mampu menampilkan perilaku jujur sesuai dengan ciri orang beriman  dalam mengisi dan mempertahankan NKRI. (B) dengan selalu menyampaikan suatu hal dengan jujur atau sebagaimana mestinya (D)

d.      KD 2.6
Menghargai semangat dan komitmen persatuan dan kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan

Indikator 2.6 (sosial)
2.6.1        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menunjukkan  sikap kerja sama dalam mengisi dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan (B) ) pada waktu kerja bakti baik di sekolah maupun di masyarakat dengan baik (D).
2.6.2        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menujukkan sikap tanggung jawab dalam mengisi dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan (B) dengan baik (D).
2.6.3        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi (P) siswa kelas IX SMP Semester 2   (A) diharapkan mampu Menghargai sikap kerja sama dalam mengisi dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan (B) ) pada waktu kerja bakti baik di sekolah maupun di masyarakat dengan baik.(D)
2.6.4        Setelah Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi (P) siswa kelas IX SMP Semester 2  (A) diharapkan mampu Menghargai sikap tanggung jawab dalam mengisi dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan (B) dengan baik (D).

Refrensi : Winataputra,S Udin, dkk. 2009. Materi dan Pembelajara PPkn. Universitas  terbuka. Jakarta
            







Tidak ada komentar:

Posting Komentar