TUGAS
3 REVISI
(kamis,
28 September 2017)
NAMA : RINA ANGGRAINI
NIM : E1B015042
NO. HP : 082339930208
Alamat Email : rina10121996@gmail.com
A. Tujuan
pembelajaran
a. KD
3.6
Memahami konteks kesejarahan Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Indikator 3.6 (kognitif)
1.6.1
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati
dan menanya (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menjelaskan
sejarah perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (B)
menurut rumusan siswa sendiri dengan benar(D).
1.6.2
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengmpulkan informasi
(P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapan mampu 3.6.2 mengidentifikasi Ancaman-ancaman yang timbul erhadap Negara
Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (B) dengan baik (D).
1.6.3
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati dan menanya (P) siswa kelas IX SMP
Semester 2 (A) diharapkan mampu Mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam perjuangan
mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).(B) sesuai dengan jangkauan pergaulannya
dengan tepat (D).
1.6.4
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati dan menanya (P) siswa kelas IX SMP
Semester 2 (A) diharapkan mampu Mengemukkan
kasus tentang dinamika mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia
(NKRI) (B) dengan tepat (D).
b. KD 4.6
Menyaji hasil
telaah konteks kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Indikator 4.6 (Psikomotorik)
4.6.1
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan
mampu menyaji hasil telaah sejarah
perjuangan mempertahankan
Negara Kesatuan Republik Indonesia( NKRI) (B) dengan menggunakan media pembelajaran yang
kreatif (D).
4.6.2
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan
informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan
mampu Menyaji hasil telaah
Ancaman-ancaman yang timbul dalam perjuangan mempertahankan
Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) (B) dengan
menggunakan media pembelajaran yang kreatif
(D).
4.6.3
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
mengasosiasi, dan mengkomunikasikan (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menyaji
hasil telaah nilai-nilai yang terkandung dalam perjuangan mempertahankan Negara Kesatuan Republik
Indonesia (NKRI). (B) dengan
menggunakan media pembelajaran yang kreatif
(D).
4.6.4
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, mengumpulkan informasi,
mengasosiasi, dan mengkomunikasikan (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menyaji hasil telaah kasus tentang
dinamika mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (B) dengan
menggunakan media pembelajaran yang kreatif
(D).
c. KD 1.6
Menunjukkan sikap persatuan dan
kesatuan dalam mengisi dan mempertahankan NKRI sebagai wahana perwujudan orang yang beriman dan bertaqwa
kepada Tuhan YME
Indikator
1.6 (spiritual)
1.6.1
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya,dan mengumpulkan informasi
(P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu menunjukkan sikap ikhtiar sesuai dengan ciri orang beriman seperti
perjuangan para pahlawan dalam mengisi dan mempertahankan NKRI (B). dengan tetap
berusaha menjaga tanah air
Indonesia (D)
1.6.2
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, (P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menujukkan sikap adil sesuai dengan
ciri orang beriman dalam mengisi dan mempertahankan NKRI(B) dengan selalu
menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika (D).
1.6.3
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya,dan mengumpulkan informasi
(P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menunjukkan sikap tolong
menolong sesuai dengan ciri orang beriman dalam mengisi dan mempertahankan NKRI
(B) dengan selalu menyampaikan suatu hal dengan jujur atau sebagaimana mestinya
(D)
1.6.4
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya,dan mengumpulkan informasi
(P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu menampilkan perilaku jujur sesuai dengan
ciri orang beriman dalam mengisi dan
mempertahankan NKRI. (B) dengan selalu menyampaikan suatu hal dengan jujur atau
sebagaimana mestinya (D)
d. KD 2.6
Menghargai semangat dan komitmen persatuan dan
kesatuan nasional dalam mengisi dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan
Indikator 2.6 (sosial)
2.6.1
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi
(P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menunjukkan sikap kerja sama dalam mengisi dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan (B) ) pada waktu
kerja bakti baik di sekolah maupun di masyarakat dengan baik (D).
2.6.2
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi
(P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menujukkan sikap tanggung jawab dalam mengisi
dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan (B) dengan baik (D).
2.6.3
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi
(P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menghargai sikap kerja
sama dalam mengisi dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan (B) ) pada
waktu kerja bakti baik di sekolah maupun di masyarakat dengan baik.(D)
2.6.4
Setelah
Melalui proses pembelajaran mengamati, menanya, dan mengumpulkan informasi
(P) siswa kelas IX SMP Semester 2 (A) diharapkan mampu Menghargai sikap tanggung
jawab dalam mengisi dan mempertahankan NKRI di lingkungan pergaulan (B) dengan
baik (D).
Refrensi : Winataputra,S Udin, dkk. 2009. Materi dan Pembelajara PPkn. Universitas terbuka. Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar